Tentang Microsoft Access

Microsoft access
Microsoft access adalah sebuah program aplikasi pengolah database yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsof access adalah anggota dari paket program perkantoran Microsoft office yang diproduksi oleh Microsoft.Microsoft access sudah ada sejak tahun 1992 dengan nama Microsoft access 1.0, pada tahun 1993 Microsoft merilis versi 2.0. codename yang digunakan Microsoft access pertama kali adalah cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft visual basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan ruby. Setelah versi 2.0 dirilis kemudian disusul oleh versi-versi berikutnya dan versi yang terbaru adalah Microsoft access versi 2007 yang dirilis pada tahun 2007 dan Microsoft access 2010 yang dirilis pada tahun 2010.
Kelebihan Microsoft Access
Microsoft access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine dan menggunakan tampilan grafis yang bagus dan simpel sehingga memudahkan pengguna untuk mengoprasikannya. Para pengguna yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks. Para pengguna yang kurang mahir biasanya hanya membuat aplikasi yang sederhana namun tetap bermanfaat.
Microsoft access dapat menggunakan data yang disimpan didalam format Microsoft access, Microsoft jet database engine, Microsoft SQL server, oracle database atau semua container basis data yang mendukung stadar ODBC.
Keunggulan lain dari Microsoft access jika dilihat dariperspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL).
Kekurangan Microsoft Access
Microsoft access 2007 memiliki kelemahan yaitu kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi system menejemen basis data yang bersifat client/server seperti Microsoft SQL Server.
Ribbon Sebagai User Interface
Access 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti Menu, Toolbars, dan sebagian besar Task Panes yang ada di Access versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien.
A. Ribbon
Adalah pengganti menu dan toolbars pada Microsoft access 2007, didalam ribbon terdapat beberapa tabs. Ribbon dirancang untuk membantu anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh Microsoft access 2007 dan ribbon merupakan salah satu kelebihan dari Microsoft access 2007 yang tidak ada pada versi-versi sebelumnya.
B. Tabs
Tabs adalah bagian dari ribbon yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Didalam Microsoft access 2007 terdapat 4 tabs yaitu Home, Create, External Data, Database Tool.
Home, berisi perintah-perintah yang secara umum berfungsi dalam pemformatan, seperti:view yang berfungsi untuk merubah desain tampilan, cut untuk memotong, dan lain-lain
C. Group
Group adalah bagian dari tabs yang memiliki berbagai macam icon/tombol perintah yang berbeda pada setiap groupnya.
D. Command Buttons
Command Buttons merupakan tombol-tombol perintah yang dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam menjalankan Microsoft access 2007 dengan lebih mudah dan efisien.
Jadi, Ribbon ini mempunyai fungsi dan isi yang sangat lengkap karena di dalamnya juga sudah mengandung menu, toolbars, tombol perintah (command buttons), galleries, dan kotak dialog. Selain standard Tabs yang ada pada Ribbon, Microsoft access 2007 juga menyediakan Tab lain yang biasa disebut Contextual Tab yang akan otomatis muncul ketika anda sedang memilih atau bekerja dengan objek seperti table, picture, atau drawing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
June 13, 2013 at 8:09 PM delete

kita juga punya nih artikel mengenai 'TOPIK KALIAN', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6119/1/FILE%20PRESENTASI.pdf
trimakasih

Reply
avatar
January 25, 2024 at 9:53 PM delete

Considering the changes introduced in Microsoft Access 2007, including the Ribbon interface, how has it impacted the overall user experience, especially in terms of productivity and ease of use?
Regard Telkom University

Reply
avatar