Proses

Berapa banyak jatuh yang pernah dituai? Berapa banyak luka yang telah disemai? Entah oleh diri sendiri atau juga orang lain. Pasti lebih dari sekedar sekali. Bukan pasti tapi ini lebih dari sekedar mutlak.

Sakit, luka dan usaha yang tak terhitung adalah harga mahal yang harus dibayar. Tak pernah padam telinga ini mendengar ceracau bising serta berbagai suara sumbang dari penonton yang tak tahu kondisi dibalik layar. Ingin rasanya menuturkan sumpah serapah, namun tak berdaya karena yang dilihat selalu hasil akhir.


Yang disuarakan kadang sudah terlalu banyak daripada yang seharusnya didengar. Mengapa bersuara bila hanya untuk menjatuhkan? Tak apa, aku belajar. Dari setiap ocehan membabi buta mereka, ada cambuk yang dipukulkan pada raga jauh lebih dalam dari biasanya. Bukan untuk menyakiti, tapi untuk mengerti bahwa  untuk berdiri ada yang harus disadari oleh diri sendiri. Kau masih bertanya itu apa? Berhenti melihat ke luar, sebab di dalam ada yang perlu untuk dilihat.

Konsistensi, usaha, dan mau menerima kritik merupakan bagian dari sebuah proses selain siap menerima ceracau sumbang. Memulai garis pertama adalah hal yang tidak mudah, namun menjadi lebih sulit bila tak memulai sama sekali. Namun bila sudah memulai garis pertama, jangan berhenti sampai garis terkahir tergores. Tak akan tahu rasanya bila tak menyelesaikan. Tak masalah hasil akhir tak sesuai keinginan, yang penting adalah bagaimana usaha untuk menyelesaikan keseluruhan proses tersebut.


Tentang hasil yang tak pernah mengkhianati proses, aku percaya setiap jatuh adalah pembuka jalan. Untuk hasil yang seringkali belum memenuhi ekspektasi diri sendiri, aku mengerti bahwa berharap tak boleh tak menjejak. Pada hasil yang sudah menjadi nyata, ada syukur yang harus banyak-banyak disuarakan

Proses bukan sekedar, seberapa banyak luka yang di dapat. Anggaplah luka adalah perumpamaan dari segala macam kesulitan yang terjadi. Proses adalah bagaimana cara menghadapi segala kesulitan dan masalah. Bukan pula tentang hasil akhir, karena hasil akhir sebatas bonus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »